SEKILAS INFO
  • 2 tahun yang lalu / Web resmi PPTQ Al Imam Hafsh sebagai Media untuk memudahkan Santri, Orang Tua Santri, dan Asatidz memperoleh Informasi terkini
  • 3 tahun yang lalu / Ahlan wa Sahlan di Website Resmi Pondok Pesantren Tahfizh Al Qur’an Al Imam Hafsh!!!
WAKTU :

Al-Quran Adalah Panduan Hidup Bagi Seluruh Umat Manusia

Terbit 28 September 2017 | Oleh : admin | Kategori : Ilmu Al-Qur'an
Al-Quran Adalah Panduan Hidup Bagi Seluruh Umat Manusia

Al-Qur’an adalah kitab suci Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. Dan membacanya termasuk ibadah. Dari penghormatan dan kasih sayang Allah terhadap hamba- hambaNya, diciptakanlah manusia ini dengan sebaik-baik makhluk yang diciptakan oleh Allah
dan tidaklah Allah meninggalkan mereka begitu saja setelah diciptakan, melainkan Allah memberikan jalan petunjuk menuju kepada kebahagiaan hidup dunia dan akhirat.

Adakah Dzat yang lebih bisa memberikan pada manusia petunjuk menuju jalan yang lurus?, sekali-kali tidak ada, melainkan Allah. Allah lebih mengetahui akan gerak-gerik dan jalan kehidupan hamba-hambaNya karena Dialah yang menciptakannya, maka dari itu Allah mengarahkan dan menuntun hamba-hambNya menuju jalan yang benar dan diridhoiNya. Allah memberikan petunjuk-petunjukNya kepada hamba-hambaNya yaitu dengan mengutus utusan-utusanNya dengan membawa kitab suci yang berisikan petunjuk-petunjuk dan struktur- struktur kehidupan dunia dan akhirat.

Firman Allah dalam surat An-Nisa ayat 165:

رُسُلاً مُبَشِّرِيْنَ وَمُنْذِرِيْنَ لِئَلَّا يَكُوْنَ لِلنَّاسِ عَلَى اللَّه حُجَّةٌ بَعْدَ الرُّسُلِ وَكَانَ اللّهُ عَزِيْزًا حَكِيْمًا

Artinya: “(Mereka Kami utus) selaku Rasul-Rasul pembawa berita gembira dan pemberi peringatan agar supaya tidak ada alasan bagi manusia untuk membantah Allah sesudah diutusnya Rasul-Rasul itu, Allah Maha Perkasa, Maha Bijaksana.”

Dari salah satu kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada utusan-utusanNya adalah Al-Qur’an yaitu kitab suci Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.

Al-Qur’an berisikan petunjuk-petunjuk, hukum-hukum, perintah dan larangan-larangan Allah, memberikan berita gembira bagi orang-orang yang berpegang teguh dengannya, menjalani isi kandungannya, dan memberikan ancaman keras dengan siksa yang pedih bagi orang-orang yang melanggar rel-rel yang telah digariskan oleh Allah.

Al-Qur’an telah menjelaskan problem-problem kehidupan manusia dari segala bidang, baik bidang rohaniah atau badaniah atau bidang ekonomi dan kemasyarakatan, kesemuanya telah diatur oleh Al-Qur’an. Al-Qur’an adalah mukjizat Nabi Muhammad saw. yang menunjukkan akan kebenaran Nabi Muhammad saw. sebagai utusan Allah kepada segenap umat manusia.

Al-Qur’an juga sebagai kitab mukjizat yang mengandung ketinggian bahasa yang cukup mencengangkan ahli-ahli bahasa zaman itu, bahkan Al-Qur’an telah menantang ahli-ahli bahasa untuk membuat kitab seperti Al-Qur’an, namun mereka bungkam, tidak seorang pun yang sanggup meniru satu ayat dari Al-Qur’an.

Al-Qur’an adalah mukjizat yang bersifat kekal untuk selama-lamanya. Setiap mukjizat yang dibawa oleh utusan-utusan Allah telah musnah tidak meninggalkan bekas sedikit pun. Kecuali Al-Qur’an yang akan tetap muncul sebagai mukjizat sampai akhir kehidupan, tidak seorangpun dapat menirunya walaupun satu ayat, dan tidak mungkin akan berorang pun yang hendak mengotori Al-Qur’an dari kesuciannya karena Al-Qur’an selalu autentik, fres dan terjaga dari tangan-tangan kotor yang usil untuk merubahnya.

Sampai zaman modern sekarang ini Al-Qur’an dalam keadaan terjaga. Akan tetap suci sampai akhir masa, karena penjagaan Al-Qur’an adalah ditangani langsung oleh Allah, sebagaimana
firman Allah dalam surat Al-Hijr ayat 9:

اِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَاالذِّكْرَ وَاِنَّالَهُ لَحَافِظُوْنَ

Artinya: “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-Qur’an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.”

Al-Qur’an adalah pedoman hidup bagi seluruh umat manusia, namun hanya orang-orang beriman yang mau menjadikannya sebagai pedoman. Allah SWT menjanjikan kemenangan bagi orang-orang yang beriman kepada Al-Quran dan mengamalkannya, dan janji Alloh SWT pasti
benar.

Marilah kita jadikan Al-Quran sebagai sahabat kita yang menemani hari-hari kita. Milikilah Quran yang praktis bisa dibawa kemana-mana, sehingga dengan mudah bisa kita baca dan kita tadaburi isinya. Kita bisa berlama-lama bersama ponsel kita, betah membolak-balik sosial media meski tidak begitu perlu, maka semestinya kita jauh lebih rajin membuka Al-Quran yang jelas-jelas isinya adalah firman Alloh SWT, tentang kunci-kunci kebahagiaan dan kemenangan.

Semoga Allah SWT menggolongkan kita sebagai orang-orang yang akrab dengan Al Quran dan mendapatkan syafaatnya di akhirat kelak. Aamiin Yaa Robbal’aalamiin.

SebelumnyaKemasyhuran Qira'at 'Ashim Riwayat Hafsh di Dunia Islam (Bag I) SesudahnyaDeretan Kisah Inspiratif Para Penghafal Alquran Cilik Indonesia

Berita Lainnya

0 Komentar